Admin
Admin
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

SOP & TATA TERTIB MAS KATA HATI


STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) & TATA TERTIB

MAS KATA HATI

 

I.        MADRASAH

A.    Memastikan lingkungan madrasah dalam keadaan sehat dan bersih.

1.    Di setiap gedung terdapat sanitasi tempat cuci tangan dengan air mengalir beserta sabun tangan.

2.    Menganjurkan siswa untuk membawa makanan dan minuman dari rumah.

3.    Menyiapkan dukungan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

4.    Mengelola sampah dengan bijak.

5.    Menyediakan toilet yang bersih dan sesuai rasio jumlah siswa.

B.    Pihak madrasah membuat jadwal pembelajaran dengan sistem Full Day School.

C.   Menyiapkan program kegiatan upacara bendera dan ekstrakurikuler selama satu tahun ajaran.

 

II.        GURU DAN KARYAWAN

A.    Kehadiran dan Kepulangan

1.    Kehadiran

a.    Waktu Kehadiran

1)    Guru hadir pukul 06.45 WIB.

2)    Guru piket hadir pukul 06.10 WIB.

b.    Guru hadir berpakaian seragam lengkap sesuai dengan tata tertib madrasah dengan mengacu edaran dari kementerian agama

c.     Aktivitas Guru Awal Kehadiran

1)    Mengisi daftar hadir manual pada buku presensi, jika tidak melakukan presensi dianggap terlambat/tidak masuk.

2)    Senyum, salam, sapa dan bersalaman kepada teman sejawat.

3)    Merapikan diri.

2.    Kepulangan

a.    Waktu Pulang Guru

1)    Hari Senin – Kamis pukul 15.30 WIB

2)    Hari Jum’at pukul 16.00 WIB

b.    Sebelum pulang guru merapikan tempat kerja terlebih dahulu.

c.     Berpamitan dengan teman sejawat.

d.    Mengisi daftar hadir mesin dan manual.

e.    Bagi Guru yang piket mengisi buku piket.

3.    Hal-hal yang berkait dengan kehadiran dan kepulangan, dikerjakan mengikuti poin-poin yang ada.

B.    Penyambutan Peserta Didik         

Sambutan diberikan guru kepada Peserta Didik sebagai bentuk pemberian apresiasi dari guru.

1.    Guru piket menyambut dengan memberikan sambutan senyum, salam, sapa dan bersalaman dengan guru.

2.    Guru piket pengelola Peserta Didik terlambat siap dengan buku data Peserta Didik terlambat.

 

C.   Pengelolaan Peserta Didik Terlambat

1.    Pengelolaan Peserta Didik terlambat adalah tugas guru piket.

2.    Tugas Guru pengelola Peserta Didik terlambat:

a.    Mencatat di buku peserta didik terlambat.

b.    Merapikan dan membariskan peserta didik yang terlambat (putra dan putri terpisah).

c.     Menanyakan alasan keterlambatan pada setiap peserta didik.

3.    Peserta didik terlambat dikelola sebagaimana peserta didik tidak terlambat.

4.    Guru piket memberikan sanksi bagi peserta didik yang terlambat.

5.    Guru yang mengajar pada jam pertama di kelas I-II mencatat dan memberikan sanksi bagi peserta didik yang terlambat.

6.    Rekapan peserta didik terlambat setiap bulan dibuat dan ditindak lanjuti bagian kepeserta didikan.

D.   Kegiatan Sholat Dhuha

1.    Penanggung jawab kegiatan sholat dhuha adalah guru yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah dan Waka Bidang Kurikulum.

2.    Peserta kegiatan sholat dhuha adalah semua Peserta Didik dan semua guru.

3.    Tata urutan kegiatan sholat dhuha sebagai berikut:

a.    Persiapan

b.    Pembacaan Surat Yasin

c.     Shalat Dhuha

d.    Pembacaan Asmaul Husna

e.    Doa

f.      Penutup

4.    Hal-hal lain di dalam kegiatan sholat dhuha:

a.    Pemberian reward kepada peserta didik.

b.    Peserta Didik indisipliner dicatat dan ditangani oleh guru piket.

c.     Peserta Didik indisipliner dapat diberikan training setelah kegiatan sholat dhuha.

d.    Pembiasaan infaq.

E.    Kegiatan Belajar Mengajar dan Istirahat

1.    KBM sebelum bel berbunyi, guru masuk kelas dengan menyiapkan perlengkapan belajar yang diperlukan.

2.    Setelah bel berbunyi:

a.    Peserta didik yang datang setelah bel masuk, diperbolehkan masuk setelah mendapatkan izin dari guru yang mengajar.

b.    Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan melakukan presensi.

3.    Pelaksanaan KBM

a.    Guru pada jam pertama memimpin tadarus Al Qur’an/bacaan sholat dan doa harian selama 10 menit.

b.    Menyanyikan lagu wajib nasional bersama-sama dipimpin oleh petugas.

c.     Guru Kelas memulai dengan doa dan menulis kalimat basmalah dalam huruf Arab, hari dan tanggal di papan tulis.

d.    Guru kelas memulai perjumpaan dikelas dengan ice breaking seperti: sekilas info, tebak-tebakan, joke, permainan dan lain- lain, yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian anak dan mencairkan suasana.

e.    Guru melaksanakan KBM dengan unsur PAIKEM (Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

f.      Menutup pelajaran dengan hamdalah dan salam.

g.    Guru Olah Raga memulai pembelajaran dengan pembukaan, menyiapkan alat-alat, mencarikan ruang ganti pakaian dan mengaturnya, serta memastikan alat-alat olahraga dikembalikan pada tempatnya.

h.    Guru BTAQ langsung masuk pada kelompoknya masing-masing, melaksanakan klasikal, klasikal individual dan individual serta tahfidz sesuai target yang telah ditentukan.

i.      Guru tidak memperbolehkan peserta didik keluar sebelum bel berbunyi, kecuali seizin guru.

 

F.    Makan

1.    Guru mengarahkan peserta didik pada saat jam makan.

2.    Menempati tempat yang sudah disediakan.

3.    Kelas I – VI pukul 11.20 – 11.55 WIB.

G.   Istirahat

Jam istrahat bagi guru kondisional, menyesuaikan dengan jam mengajarnya.

H.   Shalat Dhuhur

Penanggung jawab pelaksanaan adalah guru yang ditunjuk Kepala Madrasah dan Waka Bidang Kurikulum.

1.    Sholat Dhuhur diimami oleh guru yang bertugas.

2.    Seluruh guru mendampingi siswa dalam pelaksanaan sholat dhuhur berjama’ah.

I.      Pengembangan Diri

1.    Penanggung jawab pengembangan diri adalah bidang kesiswaan.

2.    Koordinator ditunjuk oleh bidang kesiswaan.

3.    Guru pengampu pengembangan diri adalah guru yang ditunjuk oleh bidang kesiswaan.

4.    Tugas guru pengampu pengembangan diri adalah:

a.    Melaksanakan kegiatan pengembangan diri sesuai jadwal.

b.    Mencatat dan mengontrol semua perilaku dan perkembangan peserta didik.

c.     Memulangkan Peserta Didik pada waktu yang telah ditentukan.

J.     Guru Izin/Tidak Hadir

1.    Guru tidak hadir karena suatu halangan, menyampaikan permohonan izin tidak hadir kepada kepala madrasah dan ditembuskan kepada bidang kurikulum.

2.    Izin disampaikan melalui lisan atau tertulis.

3.    Izin yang diajukan bisa dikabulkan atau tidak dikabulkan oleh kepala madrasah, mempertimbangkan alasan dan kondisi madrasah.

4.    Jika izin dikabulkan, guru wajib melimpahkan atau menyertakan tugas ke guru piket.

5.    Izin untuk dinas luar harus mendapatkan SPPD dan dicatat dibuku keluar.

6.    Budayakan berpamitan dengan teman sejawat.

K.    Pembinaan Guru

Pembinaan guru diorientasikan sebagai pembinaan pengembangan soft skill dan hard skill serta kemampuan pedagogik, untuk membekali guru dalam menjalankan tugasnya.

 

L. SANKSI TERHADAP GURU DAN KARYAWAN

1. Diapanggil atau dinasehati atau tabayun oleh Waka Kurikulum.

2. Dilakukan mediasi oleh kepala madrasah dengan guru yang bersangkutan.

3. Diberikan Surat Perjanjian (SP) 1 antara guru yang bersangkutan dengan kepala madrasah.

4. Diberikan Surat Perjanjian (SP) 2 antara guru yang bersangkutan dengan kepala madrasah berupa penundaan gaji atau sanksi yang disepakati.

5. Diberikan Surat Perjanjian (SP) 3 antara guru yang bersangkutan dengan kepala madrasah berupa nasehat dan kebijakan yang dilakukan kepala madrasah.

 

 

   III.        PESERTA DIDIK

A.    KEHADIRAN, KEPULANGAN DAN KETIDAKHADIRAN PESERTA DIDIK

1.    Kehadiran Peserta didik

a.    Kehadiran peserta didik setiap Senin sampai Jum’at paling lambat:

1)    Kelas I-II pukul 06.50 WIB.

2)    Kelas III-VI pukul 06.15 WIB.

b.    Peserta didik hadir mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan guru.

c.     Kehadiran peserta didik dilanjutkan dengan kegiatan sholat dhuha untuk kelas III – VI.

2.    Kepulangan Peserta didik

a.    Kepulangan secara umum

1)    Peserta didik kelas I & II pulang pukul 13.45 WIB.

2)    Peserta didik kelas III pulang pukul 14.15 WIB.

3)    Peserta didik kelas IV – VI pulang pukul 14.45 WIB

4)    Peserta didik mengkondisikan kelas supaya rapi kembali, dibantu dengan guru.

5)    Peserta didik membaca doa pulang bersama atau dipimpin oleh guru.

6)    Peserta didik merapikan kursi dan meja serta bersalaman dengan guru.

7)    Peserta didik keluar kelas dengan tertib.

b.    Kepulangan secara khusus

1)    Peserta didik diizinkan pulang karena alasan sakit atau keperluan keluarga.

2)    Peserta didik yang sakit berhak diantar pulang oleh guru atau dikonfirmasikan pada orang tua untuk dijemput.

3)    Orang tua/wali Peserta Didik yang menjemput peserta didik untuk keperluan keluarga, menyampaikan izin kepada wali kelas.

3.    Ketidakhadiran Peserta didik

a.    Kriteria ketidakadiran yaitu: sakit dan keperluan keluarga/lainnya.

b.    Peserta didik yang tidak hadir karena sakit atau keperluan keluarga harus menyampaikan izin secara langsung baik secara tertulis atau lisan (surat izin, telepon, atau WA) kepada wali kelas atau pihak madrasah.

c.     Peserta didik yang tidak hadir karena sakit atau keperluan keluarga namun tidak izin kepada wali kelas atau pihak madrasah maka dinyatakan alpha/tanpa keterangan.

d.    Peserta didik yang tidak hadir selama 3 hari berturut-turut tanpa keterangan akan dikonfirmasi oleh pihak madrasah.

 

B.    KETERLAMBATAN

1.    Jenis keterlambatan: terlambat masuk madrasah dan terlambat masuk kelas mengikuti pelajaran.

2.    Peserta didik dinyatakan terlambat masuk madrasah jika lebih 10 menit dari jadwal.

3.    Peserta didik terlambat masuk madrasah ditertibkan oleh guru piket.

4.    Peserta didik yang masuk kelas setelah bel berbunyi dan pelajaran sudah dimulai, dinyatakan terlambat masuk kelas.

5.    Peserta didik yang terlambat masuk kelas harus minta izin kepada guru kelas.

6.    Peserta didik yang terlambat harus mengetuk pintu, mengucapkan salam dan meminta izin kepada guru pengampu kelas untuk mengikuti pelajaran.

 

C.   SHOLAT DHUHA

1.    Wudhu persiapan Shalat Dhuha untuk kelas III – VI diharapkan disiapkan dari rumah.

2.    Shalat Dhuha dilaksanakan ketika awal pembelajaran yaitu pukul 06.15 – 07.00 WIB. Kecuali kelas I-II yaitu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan didampingi oleh wali kelas.

3.    Peserta didik mempersiapkan diri langsung ke masjid.

4.    Peserta didik melaksanakan Sholat Sunah Tahiyyatul Masjid bagi yang cukup waktunya.

5.    Peserta didik membaca Surat Yasin secara berjamaah.

6.    Peserta didik melaksanakan Shalat Dhuha bersama.

7.    Peserta didik membaca Asmaul Husna secara berjamaah

8.    Peserta didik membaca Do’a bersama.

9.    Peserta didik mengikuti rangkaian sholat dhuha dengan tertib dalam barisan shof.

 

 

 

D.   PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK DAN ISTIRAHAT

1.    Lima (5) menit sebelum bel berbunyi

a.    Peserta didik masuk kelas masing-masing

b.    Peserta didik menghentikan semua kegiatan istirahat

c.     Peserta didik merapikan dan mengembalikan alat permainan ke tempatnya.

2.    Peserta Didik datang setelah bel masuk, diperbolehkan masuk setelah mendapat izin terlambat.

3.    Urutan KBM setelah bel berbunyi:

a.    Peserta didik menjawab salam guru.

b.    Peserta didik mengawali proses belajar dengan Basmalah dan mengakhiri dengan tahmid dan doa kafaratul majlis.

c.     Peserta didik minta izin jika meninggalkan KBM.

d.    Peserta didik menggunakan alat belajar sendiri.

e.    Peserta didik mengikuti belajar mengajar dengan sungguh-sungguh.

4.    Istirahat

a.    Waktu istirahat dilaksanakan setelah bunyi bel tanda istirahat.

b.    Istirahat ke-I pukul 09.20 – 09.35 WIB dari kelas I – VI.

c.     Peserta didik kelas I – VI istirahat ke-II pada pukul 11.50 – 12.30 WIB melaksanakan makan siang dan sholat dhuhur secara berjamaah di Aula Madrasah.

d.    Tempat istirahat adalah area yang telah ditentukan dalam peraturan madrasah.

 

E.    SHALAT DHUHUR

Jadwal persiapan Shalat adalah sebagai berikut:

1.    Wudhu dan persiapan Shalat Dhuhur menyesuaikan jam istirahat ke-II.

2.    Peserta didik melaksanakan Shalat sesuai dengan tata tertib Shalat secara berjamaah.

3.    Peserta didik berdoa dengan khusu’.

 

F.    TATA TERTIB UMUM

1.    Waktu madrasah:  masuk pukul 06.50 WIB untuk kelas I-II dan pukul 06.15 WIB untuk kelas III-VI , pulang pukul 13.45 WIB kelas I,II, kelas III pulang pukul 14.15 WIB dan kelas IV -VI pulang pukul 14.45 WIB.

2.    Peserta didik hadir paling lambat pukul 07.00 WIB untuk hari Senin – Jum’at.

3.    Bila peserta didik sakit atau ada hal yang harus meninggalkan madrasah, maka wajib memberitahu wali kelas.

4.    Peserta didik membawa perlengkapan shalat

5.    Peserta didik tidak memakai perhiasan berlebihan, putri hanya boleh memakai anting.

6.    Peserta didik tidak membawa peralatan permainan yang berbahaya kecuali mendapat izin guru.

7.    Peserta didik wajib ikut merawat sarana dan prasarana madrasah.

8.    Peserta didik tidak keluar dari lingkungan madrasah selama jam madrasah.

9.    Peserta didik membiasakan diri mengucapkan salam dan bersalaman ketika bertemu teman, guru, karyawan, dan sesamanya juga ketika memasuki/keluar ruang kelas/guru.

10.  Peserta didik bersikap jujur, sopan, dan disiplin, baik perkataan maupun perbuatan.

11.  Peserta didik memperhatikan dan mendengarkan bila ada yang berbicara di hadapannya.

12.  Peserta didik membuang sampah pada tempat yang disediakan.

13.  Tidak boleh membawa HP/sejenisnya jika tidak diperintahkan.

14.  Peserta didik dilarang jual beli makanan, minuman, dan mainan pada saat pelajaran.

15.  Peserta didik wajib menghormati yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda.

16.  Peserta didik dilarang melakukan akhlak yang tercela, seperti:

a.    Berkelahi.

b.    Memakai milik orang lain tanpa izin.

c.     Mengambil milik orang lain (mencuri).

d.    Menganiaya atau melukai orang lain.

e.    Merusak barang-barang milik orang lain.

f.      Melakukan perjudian, merokok, narkoba.

g.    Menggunjing atau memfitnah orang lain.

h.    Merampas atau meminta paksa barang milik orang lain.

i.      Menghina, mengejek, mengolok-olok, atau melecehkan orang lain.

j.      Menulis, melihat, atau berbicara jorok/mengumpat.

k.     Menjodoh-jodohkan dengan temannya.

l.      Menaiki kursi, meja, lemari, atap tanpa alasan yang jelas.

m.   Berbuat tidak senonoh dengan temannya.

 

G.   TATA TERTIB KHUSUS

1.    Tata Tertib Shalat

a.    Shalat Dhuha

1)    Peserta didik memakai pakaian menutup aurat, suci, dan rapi (rukuh, mukena bagi peserta didik putri).

2)    Peserta didik merapikan sepatu/sandal ketika masuk Masjid

3)    Peserta didik langsung menuju ke Masjid, tas diletakkan di teras Masjid.

4)    Peserta didik membaca doa masuk masjid.

5)    Peserta didik melakukan Shalat Sunah Tahiyyatul masjid bagi yang cukup waktunya.

6)    Peserta didik membaca Asmaul Husna & Surat Yasin secara bersama-sama.

7)    Peserta didik duduk dengan tertib.

8)    Peserta didik melakukan Shalat Dhuha dengan khusuk.

9)    Peserta didik melaksanakan dzikir dan doa dengan khusuk.

10) Peserta didik mengikuti motivasi dengan seksama.

11) Peserta didik meninggalkan masjid dengan berjalan dan tenang.

b.    Shalat Dhuhur

1)    Peserta didik memakai pakaian menutup aurat, suci, dan rapi (rukuh, mukena bagi peserta didik putri).

2)    Peserta didik merapikan sepatu/sandal ketika masuk Aula

3)    Peserta didik melakukan Shalat sunnah Qobliyyah Dhuhur dan muraja’ah membaca/mengulang hafalan) Al Qur’an atau membaca sholawat.

4)    Peserta didik melaksanakan shalat dhuhur berjamah dengan khusuk.

5)    Peserta didik melaksanakan dzikir, berdoa, dan shalat sunah ba’diyyah.

6)    Peserta didik meninggalkan aula dengan berjalan dan tenang     

2.    Tata Tertib Wudhu

a.    Peserta didik datang di tempat wudhu tepat waktu.

b.    Peserta didik wudhu dengan tertib dan benar.

c.     Peserta didik menggunakan air tidak berlebihan.

d.    Peserta didik baris dengan antri/bergantian.

e.    Peserta didik memakai alas kaki/sandal.

f.      Peserta didik membaca do’a masuk/keluar kamar mandi dan do’a wudhu.

g.    Peserta didik wudhu di tempat yang telah ditentukan putra dan putri secara terpisah.

3.    Tata Tertib Makan

a.    Peserta didik makan pada tempat yang telah ditentukan.

b.    Peserta didik membaca doa sebelum dan sesudah makan.

c.     Peserta didik antri dengan rapi.

d.    Peserta didik mencuci tangan.

e.    Peserta didik tidak bergurau pada saat makan.

f.      Peserta didik tidak mencela makanan.

g.    Peserta didik menghabiskan makanan sesuai dengan waktu yang disediakan.

h.    Peserta didik merapikan dan membersihkan ruang kelas setelah makan.

i.      Peserta didik makan dan minum dengan duduk dan tangan kanan.

j.      Peserta didik tidak meminta makanan secara paksa.

4.    Tata Tertib Berpakaian

a.    Peserta didik memakai pakaian seragam dengan ketentuan:

1)    Senin & Selasa: Seragam Merah Putih (memakai topi dan dasi saat upacara)

2)    Rabu : Seragam Batik Kemenag bawahan putih.

3)    Kamis : Seragam identitas Madrasah.

4)    Jumat : Seragam Silat dan Seragam Pramuka.

b.    Memakai/membawa seragam olahraga sesuai jadwal yang telah ditentukan.

c.     Peserta didik wajib memakai sepatu berwarna hitam pada hari senin dan selasa, serta kaos kaki berwarna putih, pada jadwal pramuka memakai Sepatu hitam dan kaos kaki hitam ketika berada di madrasah kecuali ketika berwudhu.

d.    Peserta didik dilarang memakai sepatu sepak bola diluar jam olah raga.

e.    Peserta didik memakai ikat pinggang.

f.      Peserta didik memakai peci hitam bagi peserta didik putra dan berkerudung bagi peserta didik putri.

5.    Tata Tertib BTAQ

a.    Peserta didik masuk dalam kelompok masing-masing, sesuai dengan pembagian jadwal masing-masing kelas.

b.    Wajib membawa buku BTAQ, buku prestasi,buku tulis dan alat tulis.

c.     Peserta didik tidak diperbolehkan meninggalkan kelompoknya sebelum jam BTAQ selesai.

d.    Peserta didik kenaikan jilid diuji oleh koordinator BTAQ/kepala lembaga BTAQ sesuai dengan jadwal.

e.    Ketika naik jilid atau jilid hilang, peserta didik membeli sendiri buku BTAQ di Koperasi Madrasah.

6.    Tata Tertib Bermain

a.    Bermain saat jam istirahat.

b.    Bermain di lingkungan madrasah dengan batasan yang telah ditentukan:

1)    Sebelah barat : gedung madrasah

2)    Sebelah selatan : jalan Gg. Melati

3)    Sebelah timur : balai RW

4)    sebelah utara : gedung MTs Ummul Qura’

c.     Bermain di halaman madrasah.

d.    Dilarang bermain di kantor guru, kantor TU, masjid, kelas TK, dan UKS.

e.    Melakukan segala bentuk permainan di luar kelas, kecuali dipantau (diizinkan) oleh guru.

f.      Bermain dengan alat yang tidak membahayakan.

g.    Memakai alas kaki saat bermain.

 

H.   JENIS DAN BENTUK SANKSI

1.    Sanksi Ringan

a.    Dinasehati

b.    Ditegur

c.     Membersihkan kelas

d.    Membuang sampah

e.    Meyetorkan hafalan

f.      Meminta maaf

2.    Sanksi Sedang

a.    Mengganti rugi

b.    Setoran bacaan Al Qur’an

c.     Dilakukan penyitaan

3.    Sanksi Berat

a.    Panggilan terhadap orang tua

b.    Tidak diizinkan mengikuti pelajaran

c.     Diskors 3 hari

d.    Dikembalikan pada orangtua

KETERANGAN:

1.    Sanksi Ringan

a.    Melanggar ketentuan pada tata tertib umum poin 1 sampai dengan 6.

b.    Melanggar ketentuan pada tata tertib khusus (tartib shalat, wudhu, makan, berpakaian dan bermain)

2.    Sanksi Sedang

a.    Melakukan pelanggaran tata tertib umum poin 1 - 16  .

b.    Mengulangi pelanggaran dengan modus yang sama lebih 3 kali terhadap sanksi ringan dalam 1 minggu.

3.    Sanksi Berat

a.    Melakukan pelanggaran pada tata tertib umum poin yang sama sebanyak 5 kali.

b.    Melakukan pelanggaran terhadap tata tertib umum poin 16 sebanyak 3 kali pada poin yang sama.

c.     Melakukan pelanggaran terhadap semua tata tertib sebanyak 10 kali pada poin yang berbeda.

Jenis Pelanggaaran dan Sanksi Berupa Pemberian Poin:

No.

Pelanggaran

Poin

1

Tidak hadir tanpa keterangan

20

2

Terlambat hadir di madrasah

5

3

Tidak ikut upacara / apel

10

4

Terlambat masuk kelas

5

5

Keluar kelas sebelum jam istirahat

5

6

Jajan selain pada jam istirahat

5

7

Meninggalkan madrasah sebelum jam pulang

20

8

Keluar dari area madrasah tanpa izin

15

9

Tidak ikut sholat berjama’ah

10

10

Tidak mengerjakan tugas / PR

15

11

Berpakaian tidak rapi

5

12

Mengganggu ketertiban / keamanan

10

13

Makan / minum sambil berjalan

10

14

Mengambil barang tanpa izin

25

15

Merusak / menghilangkan sarana prasarana

35

16

Berkelahi

75

17

Pencemaran nama baik / mengejek

30

18

Membuang sampah sembarangan

20

19

Membawa mainan ke dalam kelas

5

20

Memakai sepatu tidak sesuai jadwal

15

21

Mencoret-coret fasilitas madrasah

20

 

Keterangan :

100 Poin    : Pembinaan wali kelas dan surat peringatan 1

150 Poin    : Pembinaan waka kesiswaan dan surat peringatan 2

200 Poin    : Pemanggilan wali peserta didik dan surat peringatan 3

250 Poin    : Skorsing 3 hari

300 Poin    : Dikembalikan kepada orang tua / wali

I.      REWARD DAN PUNISHMENT

Reward dan punishment diorientasikan sebagai bagian tak terpisahkan dari pendidikan. Untuk itu tidak diperkenankan reward dan punishment yang kontra produktif dengan pendidikan itu sendiri dengan menggunakan prinsip hargai pelakunya, luruskan perilakunya.

Kesalahan dalam memberi reward dan punishment akan menimbulkan dampak yang justru bertentangan dengan tujuan madrasah. Reward diberikan untuk menghargai perilaku positif peserta didik.

 

1.    Jenis-jenis reward meliputi:

a.    Pin prestasi untuk menghargai setiap perilaku positif anak. Baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik peserta didik.

b.    Pin Best Student untuk menghargai perilaku peserta didik yang sudah 5 kali mendapatkan Pin Prestasi.

c.     Pin Hebat untuk menghargai anak kelompok bawah yang mengalami perubahan besar dalam satu bulan.

d.    Pin Best of The Best Student untuk memberikan penghargaan pada peserta didik yang terbaik dalam satu semester atau satu tahun.

e.    Pin Best Mading untuk memberikan penghargaan pada pengirim naskah terbaik majalah dinding.

2.    Semua jenis hukuman berupa kontak fisik negative seperti menjewer, melempar  barang, memukul, mendorong kepala, dan lain - lain tidak diperbolehkan.

3.    Jenis perkataan yang membuat peserta didik trauma juga tidak diperbolehkan.

 

  IV.        WALI PESERTA DIDIK

A.    ADAB

Untuk mendidik peserta didik-siswi agar melakukan hal-hal yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang ada dan memberi contoh kebenaran kepada peserta didik dan siswi secara nyata, diharapkan orang tua ketika memasuki lingkungan madrasah menggunakan adab sebagai berikut:

1.    Berbusana muslim.

2.    Tidak merokok.

3.    Menjaga ketertiban

4.    Menjaga kebersihan

 

 

B.    TANGGUNG JAWAB

Sebagai bentuk hubungan madrasah dan wali Peserta Didik diharapkan wali Peserta Didik memperhatikan beberapa tanggung jawab sebagai wali Peserta Didik, karena anak adalah sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan serta demi tercapainya tujuan dan isi dari pendidikan itu sendiri, wali Peserta Didik diharapkan:

1.    Mengontrol buku penghubung dan tugas.

2.    Mendampingi peserta didik ketika belajar dirumah.

3.    Proaktif dengan kegiatan madrasah serta komite madrasah.

4.    Hal-hal yang berkaitan dengan madrasah dimohon dikonfirmasikan langsung ke pihak madrasah.

5.    Dimohon menjaga nama baik guru dan madrasah, untuk memberi kepercayaan kepada peserta didik dalam belajar.

6.    Memenuhi kewajiban administrasi tepat pada waktunya.

7.    Mengantar dan menjemput peserta didik tepat pada waktunya.

8.    Wali peserta didik yang terlambat menjemput anaknya lebih dari 30 menit setelah kepulangan bukan menjadi tanggung jawab madrasah.

9.    Memberi informasi baik lisan maupun tulisan apabila peserta didik berhalangan mengikuti KBM.

 

 

    V.        UMUM

A.    LAYANAN TAMU

1.    Tamu disambut oleh siapapun yang pertama kali menjumpai dengan senyum, salam, sapa atau yang sejenisnya.

2.    Tamu dibantu atau dilayani kebutuhannya dan diarahkan sesuai tujuannya.

3.    Tamu dipersilahkan menunggu atau berhubungan langsung dengan orang yang berkepentingan.

4.    Tamu umum dipersilahkan di ruang tamu guru, dan tamu dari dinas dipersilahkan ke ruang tamu kepala madrasah.

5.    Tamu dari Dinas diberi buku tamu khusus dan tamu dari umum diberi buku tamu umum oleh TU.

6.    Tamu wali Peserta Didik yang berkepentingan dengan administrasi, diterima sampai pukul 14.30 WIB oleh TU.

7.    Jika tamu selesai dengan kepentingannya, diantar sampai pintu dengan ucapan salam.

B.    LAYANAN TELEPON

Untuk memudahkan hubungan antara pihak wali Peserta Didik dan madrasah serta guru, pihak madrasah memberikan layanan telepon dengan daftar no telepon semua guru secara terlampir. Dengan acuan layanan sebgai berikut:

1.    Penerima telepon utama adalah petugas dari TU atau oleh siapapun yang pertama kali mendengar dering telepon.

2.    Pelimpahan telepon kepada orang lain dengan disertai pesan.

3.    Telepon diterima dan disudahi dengan menggunakan adab salam.

4.    Peserta didik diberikan fasilitas telepon madrasah 30 menit setelah jam kepulangan

atau jika ada keperluan mendesak.

 

C.   SURAT

1.    Surat Masuk

a.    Surat diterima oleh siapapun yang pertama kali menjumpai dan berhak untuk menandatangani tanda terima.

b.    Surat pribadi langsung diberikan kepada yang bersangkutan.

c.     Surat izin langsung diberikan kepada wali kelas yang bersangkutan.

d.    Surat dinas atau izin observasi/penelitian diberikan kepada TU untuk dibuka dan dicatat dalam buku agenda.

e.    Surat dibawa TU kepada kepala madrasah untuk dibaca dan ditandai kalau telah dibaca, dan ditindak lanjuti

f.      Surat dimasukan dalam file surat masuk.

2.    Surat Keluar

a.    Semua surat berkop madrasah harus ditanda tangani oleh kepala madrasah baik langsung maupun mengetahui dan di stempel.

b.    Surat diberi nomor yang sesuai dengan urutan.

c.     Surat dimasukan dalam arsip surat keluar dan dicatat dalam buku surat keluar.

d.    Pengiriman surat atau berkas yang bersifat eksternal harus disertai buku ekspedisi yang sudah diisi sejak dari madrasah.

e.    Mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

D.   PENGADAAN BUKU PEGANGAN

1.    Penanggung jawab pengadaan buku pegangan adalah waka kurikulum.

2.    Penaggung jawab pengadaan buku umum adalah bagian perpustakaan dan bagian koperasi.

3.    Buku pegangan Peserta Didik berupa buku paket, diktat, prestasi BTAQ, penghubung, dan LKS.

4.    Pemilihan buku pegangan Peserta Didik dari penerbit, melalui proses seleksi oleh tim seleksi.

E.    MAJALAH DINDING dan WEB MADRASAH

Majalah dinding dan Web Madrasah diorientasikan sebagai media untuk melatih Peserta Didik terampil menulis dan menuangkan kreativitasnya. Menulis adalah tradisi keilmuan Islam, hampir tidak ada ulama’ yang tidak memiliki karya tulis. Peserta didik diharapkan peka terhadap perkembangan kehidupan dan dapat mengkritisinya dan dapat mengetahui kinerja penerbitan media.

1.    Penanggung jawab adalah bidang kesiswaan dan bidang penelitian dan pengembangan .

2.    Koordinator ditunjuk oleh penanggung jawab.

3.    Peserta didik dan guru wajib mengirimkan tulisannya kepada koordinator majalah dinding dan Web Madrasah, dan akan diseleksi.

4.    Setiap karya yang dimuat akan mendapatkan reward.

 

 

Ditetapkan di : Koto Baru

Tanggal           : 11 Juli 2024


 

Kepala Madrasah


 

 

 

 

Marva Edison, S.Ag., Gr.

Berbagi

Posting Komentar